Dinamika Masyarakat Tanjung Sebauk Ditinjau Dari Sosiologi Agama

Dinamika Masyarakat Tanjung Sebauk Ditinjau Dari Sosiologi Agama
Pengarang
Joko Wibowo, M.Pd.I. Editor: Saepuddin, M,Ag Doni Septian, S.Sos.,M.IP
ISBN
978-623-92573-6-1
Email
pppm.stainkepri@gmail.com
Diterbitkan
STAIN SULTAN ABDURRAHMAN PRESS
Sinopsis

Penulisan Buku ini berawal dari ramatamahnya Masyarakat Kampung Tanjung Sebauk dan mayoritas masyarakat beragama Islam. Dengan potensi letak wilayah, Tanjung Sebauk terletak di tepi laut, dekat dengan kantor wali kota tanjung pinang dan berdampingan dengan Kelurahan (senggarang) yang daerahnya sering berdatangan pengunjung yang bukan saja dari orang orang lokal, tidak kurang juga pendatangnya dari orang orang luar, bahkan dari Negara tetangga apabila dilihat dari hasil identifikasi terhadap kondisi obyektif penghidupan di masyarakat Tanjung Sebauk belum menunjukkan kesan adanya potensi yang melebihi dari yang lain. Dan kenyataan yang ada, kita jumpai keadaannya sama dengan kampung kampung yang lain.
Sedangkan agama mengajarkan jangan mensia-sia kan sesuatu dari nikmat Allah. Dengan kondisi ini, di perlukannya usaha pembinaan pengamalan ajaran ajaran agama. Peranan Agama sangatlah penting dalam kehidupan, karena pada hakikatnya agama adalah suatu landasan utama, untuk terbentuknya masyarakat yang sejahtera, bermoral, dan berakhlakul karimah. Masyarakat yang mengamalkan agama akan berbeda dengan masyarakat yang tidak mengamalkan agama.Berdasarkan rumusan permasalahan, maka yang menjadi fokus penulisan di sini Dinamika Masyarakat Tanjug Sebauk Ditinjau Dari Sosiologi Agama. Dapat memberikan kepada Masyarakat Tanjung Sebauk pada khususnya, berupa:
1. Bertambah kuat keyakinan dalam diri akan datang kesuksesan dalam usaha yang gigih
2. Tebentuk sikap kreatif yang dapat mengembangkan dan memanfaatkan potensi
3. Mendapatkan solusi dalam menghadapi permasalahan
Dan hasil penulisan ini diharapkan dapat menambah khazanah dunia keilmuan dan bermanfaat bagi masyarakat. Dengan yakin atas kelemahan dan keter-batasan penulis menyadari banyaknya kekurangan pada penulisan ini. Dengan besar harapan adanya kesempatan penyempurnaan.

BACA BUKU